Jumat, 05 Desember 2008

SIMPLE CW KEYER HOMEBREW

Inilah Keyer yang pertama kali saya miliki… meskipun penampilannya sangat “menyedihkan” tapi lumayan untuk melatih diri.
Karena fisiknya kecil, keyer ini mudah dibawa / dikantongin kemana aja anda bepergian (portable).

CW Keyer ini terdiri dari 2 bagian, pertama adalah Keyer-nya (mekaniknya) lalu yang kedua adalah Electronic-nya (Tone Generator).
Pembutan CW Keyer ini tidaklah sulit, karena seluruh komponen mulai dari Keyer sampai dengan Electronic mudah untuk memperoleh.

Iambic Keyer (Mekanik) :

Seperti nampak pada gambar, komponen keyer terdiri dari kepingan PCB, Metal Strip, Copper Pipe, Spring, Nuts, Paddle, Stereo/Phone Plug, Box dan kabel.

Caranya :

1. Potong PCB sebagai kedudukan keyer sesuai dengan ukuran Box yang Anda miliki.. contoh Box yang saya pakai terbuat dari…. (Anda tahu sendirilah).
2. Buatlah marking pada PCB untuk kedudukan Bau, lalu di Bor sesuai ukuran..dan pasangkan Mur Baut ukuran 2,5mm.
3. Siapkan 2 potong Plat Strip tembaga atau bahan metal yang lain dengan tebal sekitar minimal 1mm dan bentuklah sesuai contoh kemudian tempelkan sepotong Sleeve (pipa tembaga) atau conduit lain dengan diameter sekitar 3 s/d 4mm sebagai sendi / engsel, kira-kira posisinya pada bagian tengah.
4. Masukan Plat Strip tersebut ke sepasang Baut yang telah dipasang, lalu cobalah untuk diputar/digerak-kan… Usahakan pergerakan tersebut ringan. Setelah itu pasangkan Spring (pegas) pada posisi ditengah-tengah Plat Strip agar posisi Paddle tidak saling bersentuhan. Pegas yang saya pakai..dicomot dari bagian Floopy Disc, dimana di bagian dalam terdapat shutter spring sebagai penutup magnetic disc.
5. Ambil penjepit kabel data, bagian dari konektor Paralel/Serial Port, atau bahan lain…lalu bengkok-kan sebesar 90 derajat, untuk kedudukan Baut pengatur sensitifitas… (kerenggangan keyer)
6. Baut yang berada ditengah-tengah keyer, adalah sebagai Common (Ground) yang nantinya akan terhubung ke Circuit Electronic melalu Stereo / Phone Plug.
7. Sedangkan kedudukan Baut yang dipakai sebagai Pengatur Sensitifitas, masing-masing dihubungkan ke terminal(W) DIT key dan DAH key, melalui Phone Plug (terminal L dan R).





keyer1 keyer2
keyer3 keyer6
keyer7 keyer8


Electronic Keyer / Tone Generator :

Untuk bagian electronic keyer-nya, saya mengadopsi dari N1HFX, selain simpel dan mudah mencari komponenya.. juga karena tidak menggunakan Microcontroller.. (karena memang belum menguasi)

Speaker bisa menggunakan Piezo atau speaker Radio HT.
Serial Port / DB9 Male disini sengaja saya tambahkan agar dapat di hubungkan ke Sound Card Interface yang Anda miliki, sehingga dapat dipakai langsung dengan perangkat VHF Transceiver ( 2M ).

Pada gambar schematic dibawah ini, circuit yang dipakai untuk Keyer diatas yang berwarna Hitam, sedangkan warna Merah adalah adanya tambahan circuit capacitance touch sensor yang akan saya unggah pada posting berikutnya.
PCB khusus untuk rangkaian ini memang belum sempat saya buat, tapi bisa dilihat di PCB CW Touch Keyer di Blog ini.


Schematic Electronic Keyer

Schematic Electronic CW Keyer

Silahkan Anda mencoba sendiri mendesign PCBnya… dengan Software ExpressPCB atau yang lain.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Download File

Reff :
http://www.rason.org/Projects/cwkeyer/cwkeyer.htm
http://www.reconnsworld.com/audio tonegenerate.html
Data sheet (reed relay) :
http://www.ece.com.tw/product/relay/edr/edr.htm


Salam
de yc5nbx 73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar