Rabu, 23 Juni 2010

MEMBUAT REPEATER MOTOROLA GM3188

Setelah merasa “puas” dengan performance GM3188 yang saya coba gunakan sebagai Repeater baik di band VHF maupun di UHF beberapa tahun yg lalu di Pekanbaru.

Repeater GM3188

Meskipun pada awalnya ragu dengan bentuk fisik yang lebih langsing dibanding kakaknya GM300… tapi setelah berjalan lebih dari 2 tahun lamanya tanpa perawatan sama sekali, hingga hari ini masih sayup2 terdengar pada jarak +/- 60km ( hanya dengan power “LOW” ).



Selain harganya yang kurang lebih sama dengan GM300 waktu itu, bahkan dibeberapa toko harga 1 unit GM300 bisa 3 x lebih mahal dibanding GM3188 (mentang2 sudah tidak diproduksi lagi).

Mengenai konfigurasi pin-out (ACC Connector) identik dengan GM300, sehingga jika sebuah Repeater GR300 / GR500 sedang mengalami masalah besar dan ternyata harus mengganti salah satu main equipment (TX/RX) maka solusi paling mudah dan murah adalah GM3188.

Cara Program Transceiver ini menggunakan Software CPS R05.05 yang jauh lebih informative dibanding RSS.

Sedangkan Programming Cable yang saya pakai menggunakan RIBLess.
Brosure / Spec Motorola GM3188 :

http://www.motorola.com/governmentandenterprise/contentdir/zh_CN/Files/ProductInformation/GM3188.pdf

http://ap.cgiss.motorola.com/asset/pdf/GM3188SPEC_AC3-01-011%20REV.6.PDF


73, de yc5nbx

76 komentar:

yc7lm mengatakan...

om jaka tolong kirim software motorola gm3188 dan gm388 dan rib sederhana kalau nggak keberatan makasih ......

yc7lm mengatakan...

om jaka pingin sowftware software gm3188 + ribnya makasih

gavee mengatakan...

Mas, kenapa CPS tidak bisa baca GM3188 kalau lewat USB dengan konverter ke DB9, sedang kalo pake DB9 PC bisa.Makasih ya.

@n-Tjhoe mengatakan...

to, Gavee...
jika anda menggunakan port USB, tentunya harus menginstal driver cable serial port terlebih dahulu... kemudian tempatkan pada posisi port 1 atau 2 pada PC anda..
dan lebih support jika anda menggunakan Windows Xp untuk menjalankan program tersebut....trims... slamat mencoba

@n-Tjhoe mengatakan...

to : YC5NBX,
bang....punya software Crack utk GP3188...yach... trims
from : @n-tjhoe yd8dnt Makassar

YC5NBX mengatakan...

@ Gavee...
Benar seperti yang disampaikan @n-Tjhoe
Pertama Anda harus pastikan Converter USB to RS232 yg telah terinstall berada pada COM berapa..
Coba buka Start-->Run-->regsvr32devmgr.dll atau
pada explorer My Computer-Properties-Hardware-Device Manager-Ports(COM&LPT) lalu klik tanda + (root) dan perhatikan akan default untuk USB to Serial Comm.Port (COM ?)
Setelah diketahui default Port... atur pada CPS anda.
Jika seluruhnya sudah benar, dan ternyata tetap tidak berhasil.. maka ada kemungkinan Converter anda bermasalah.

YC5NBX mengatakan...

@ @n-Tjhoe - YD8DNT
Maksudnya Crack buat apanya OM ?
Setahu saya sih ndak perlu di Crack... tinggal Install, langsung pakai deh..
Mgk bisa lebih spesifik lagi.. :)
Sy agak bingung menafsirkannya.

de yc5nbx

salam-blogspot.com mengatakan...

tolong om jaka aku di kasih cara atau sobwer utuk menurunkan frekwesi gm 3188 ke 140000 mhz kirim ke emil ku salam_electronic@yahoo.com sebelum dan seudahya aku ucapkan trimakasih

YC5NBX mengatakan...

@Salam-blogsopt

Silahkan periksa inbox Anda.

salam-yc5nbx

Anonim mengatakan...

om.. softwarenya dunk.. untuk gm 3188. boleh nggak minta.. thanks before.. YD2DNI

YC5NBX mengatakan...

@ Mas Deni..

Mau saya antar, tp saya ndak tahu alamat panjenengan..
Ngintip di QRZ.COM juga mereka gak mau ksh tahu.. :)

Otonk's mengatakan...

Bang Jaka, maaf sy minta software yg sama dg salam-blogspot.com, maksih banyak...success...

DIK DENI MANGKUBUMEN mengatakan...

om.. tq sebelumnya.. saya baru pasang nie di kantor 2 motorolla + COR.. tapi spelter atau sekuriosnya kok bnyak ya.. sy asli solo dan sekarang tinggal di kebon sirih jakarta om.. apa perlu bandpas filter biar spleter gak masuk..

trus untuk seting frequensi.. TX-RX tone,dtmf atau ATT gimana om? saya tidak punya pengetahuan sama sekali.. saya beli repeater bekas dan sudah ada chanelnya 1-5 dan tinggal pake..

yang saya permasalahkan adalah gimana merubah frequensi TX_RX dan ngatur duplexnya.. soalnya radionya nggak ada tombol2nya..

"untuk antena saya masih menggunakan larsen"


salam
darmawanreasmoro@yahoo.co.id
YD2DNI

YC5NBX mengatakan...

@ Otonk's

Coba anda cari di 4shared . com dengan kata kunci CPS R05.07, R05.09 atau R05.13... disana cukup banyak tersedia.

YC5NBX mengatakan...

@ DIK DENI
Solusinya persis seperti yg Anda sebutkan.. Anda harus menambahkan Filter yg sesuai dengan kebutuhan. Biar lebih jelas dan tidak salah membeli... saya sarankan Anda berkunjung ke salah satu authorized dealer motorola di Harco misalnya AN Electronic atau Gunung Intan...dll karena mereka dapat memberikan "saran" yg tepat.

Saya tidak tahu persis Radio (Repeater) apa yg Anda pakai ?
Tentunya untuk mengatur freq, tone dll... Anda harus memiliki sebuah Kabel Data (Interface) untuk menghubungkan Radio dgn Komputer. Selain itu diperlukan Software yang sesuai dengan Radio yang dipakai saat ini.

Salam yc5nbx

Bahrudin mengatakan...

om punya fungsi fungsinya i/o di belakang GM3688 saya kesulitan untuk mecari cosnya,klo punya kirm ke emal saya aangthea@gmail.com tks om sebelumya

Unknown mengatakan...

Bang Jaka, maaf sy minta software yg sama dg salam-blogspot.com, tq bos.

Unknown mengatakan...

bang sy order 1 unit bisa ga?

YC5NBX mengatakan...

@ Bahrudin
Gimana OM, apakah sudah ketemu Pin-out "COS" nya ?

@ Ino
Mau dikirim kemana OM ?

@ Fadly
bisa, silahkan cek email Anda.

Unknown mengatakan...

ok

Unknown mengatakan...

MAlam pak jaka.....sy punya gm3188. Pernah saya sambungkan dengn cor motorola, tapi pemasangan kabel cor terbalik. Kemudia, radio tidak bisa TX dan Rx. Txnya gak bisa sama sekali, dan Rx cuma indikator nya hidup, tapi gak ada suara, speker sy cek hidup, Bagai mana agar radio sy normal lagi...Mohon pencerahanya pak???

YC5NBX mengatakan...

@ basuki
Banyak kemungkinan yang menyebabkan radio tidak mau "hidup".
Anda harus punya panduan/dokumen Manual Service..
dari sana baru dapat di telusuri (troubleshoot-nya)
Untuk saat ini saya tidak bisa menjelaskan dimana titik kerusakannya.


Unknown mengatakan...

Om jaka saya mnt tlg,saya mau bikin interface repeater(gm338),tp ga punya skemanya,bs krm kan kan skema n komponennya ke fiq.syafiq80@yahoo.com mksh byk sblmnya om jaka...

Unknown mengatakan...

Om jaka saya mnt tlg,saya mau bikin interface repeater(gm338),tp ga punya skemanya,bs krm kan kan skema n komponennya ke fiq.syafiq80@yahoo.com mksh byk sblmnya om jaka...

YC5NBX mengatakan...

@ Siti
Skemanya bisa dilihat di artikel : http://yc5nbx.blogspot.com/2011/03/homebrew-repeater-with-gm338.html

Unknown mengatakan...

Mksdx cor untuk 3 radio gm338,2 rx 1 tx bs ga ya om jaka...mksh byk sblmnya...kmrn makai email istri

Unknown mengatakan...

pin cos nya no berapa pak?

Unknown mengatakan...

om jaka,sy minta tlong kirim skema rib untuk motorola gm3188 ,email sy ajiato36@yahoo.com,trims by ajiato

Eko-Electronic mengatakan...

Salam kenal
Mohon dibantu minta password
- crack bypass
- crack fullrange+bypass password
- GP 3188
ke email eko.3333@gmail.com
Trims salam sukses

Unknown mengatakan...

Mlm om!.... tolong password RAR. Crack R06.12.04AZ dan PMVN4034Z. Trims

bucekkatana@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Mlm Om..... minta tolong password rar. Crack R06.12.04AZ dan PMVN4034Z.... Trims

bucekkatana@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Om Jaka, mau minta tolong Password Rar. Crack R06.12.04AZ dan PMVN4034Z...

By.Katana
bucekkatana@yahoo.co.id

sastro sanjaya mengatakan...

selamat siang Pak Jaka
mohon pencerahan, bagaimana cara merubah freq kerja GM3188 menjadi 136-174?
apakah cukup dengan menggunakan software tertentu saja
mohon berkenan meberikan referensi di sastro466@gmail.com
terimakasih

Unknown mengatakan...

bang saya mau pesan kabel data untuk seri GM3188.

YC5NBX mengatakan...

@ Hadrian
Ada no HP ? atau kalau sempat bisa mampir kesini, kan dekat..

Unknown mengatakan...

emailnya apa bg? saya mau nanya2 tentang radiokomunikasi

terimakasih

YC5NBX mengatakan...

@adhitia
imel : yc5nbx @ jimel dot kom

agusrxtx mengatakan...

oom pya software motorola gm3688 yg terbaru gak,,,, agusrxtx@gmail.com ... mohon bantuannya oom saya sangat membutuhkannya,,,, terima kasih oom

Unknown mengatakan...

om gimana caranya menurunkan freq gm3188 menjadi 144.000 mhz, soalx mainnya di 146.000, mohon bantuannya, tlg email ke saya ya : yc7xff@gmail.com

Unknown mengatakan...

om gimana caranya menurunkan freq gm3188 menjadi 144.000, mohon info, krm ke email saya ya : yc7xff@gmail.com

imam sugiyanto mengatakan...

minta tolong crack gm388,email ke yd3xqg@yahoo.com ,trims

Unknown mengatakan...

om jaka tolong kirim software motorola gm3188 ...terima kasih banyak..email : nofrizalramli@gmail.com

KOMUNITAS PEDULI KEMANUSIAAN KALTENG SAR mengatakan...

minta tolong kirim sofware motorola gp3188+crack atas bantuannya trima kasih banyaak email yc7tzx@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Mas, nanya dikit,.. Untuk Repeater apa harus menggunakan radio dengan tipe yang sama, misalnya motorola GM388 RX dan TX harus tipe sama,..? Saya punya motorola GM388 (403-470Mhz) dan GM1388 (438-470Mhz mau saya jadikan repeater di freq TX 434.950 dan RX 449.950. Mohon Pencerahannya.

UDin007 mengatakan...

Pak jaka, saya punya GM3188 pada setting tx low minimal 25 watt dan tx high 45 watt. Apakah bisa saya setting power tx low nya lebih rendah lagi kisaran 1 - 25 watt. Mohon petunjuknya
Trims. Salam kenal pak.

YC5NBX mengatakan...

@UDin007
Gunakan Software Global Tuner
- Pasang Power/Watt Meter di Radio + Dummy Load.
- Setelah Read, lakukan Save/penyimpanan file tuning data terlebih dahulu.
- Masuk ke menu TX Align --> Transmit Power --> Low
- Lakukan perubahan power dari nilai default.nya dengan menggeser Pot Slider.
- Test dgn menekan Toggle PTT, sambil diamati pada Watt meter.
- Jika sdh dirasa cukup..maka tinggal Klik "Program"
- Keluar, matikan Radio dan On kan kembali..
- Selesai.
Jika ada masalah, saya tdk bertanggung jawab..resiko ditanggung sendiri.

UDin007 mengatakan...

apakah yang di http://www.radioscanner.ru/files/motorola/file8553/
bisa buat GM3188 pak. saya belum coba khawatir juga kalo ada apa2.

UDin007 mengatakan...

saya coba menggunakan tuner R02.15 pada saat read success namun pada menu Tx align > Transmit Power > berwarna abu-abu/tidak aktif. apakah tuner R02.15 tidak cocok dengan GM3188. kalo pak jaka punya tuner buat GM3188 mohon dibagi pak.
terima kasih jawabannya.

Oyong Firdiansah mengatakan...

Om Jaka saya punya GM3688, frekwesinya kok 146 - 174 ya. Minta software buat lebarin boleh gak?
oyonk5758@gmail.com

Tks mas

Oyong Firdiansah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
and@y mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

minta tolong kirim sofware motorola gp3188+crack atas bantuannya trima kasih banyaak joniaikal@gmail.com

YC5NBX mengatakan...

@sate ayam
Maksudnya crack buat apa ?
Region, Frequency, atau password codeplug ?

Unknown mengatakan...

Hallo om, mau tanya neh...
Ak coba pasang kabel repeater maxton delay, ke gm3688 dgn settingan rick rx pada radio rx (pin 8 pl dl csq low active), tp cor tidak berfungsi, sementara saya coba pake hln3333 nya motorola, berfungsi sangat baik dengan settingan yang sama.

Dan saya mencoba kabel maxton td ke gm300. Dan kabel repeater tsb jg bekerja dgn baik.

Bisa bantu om ? Thanks

YC5NBX mengatakan...

@pius Hartanto

Tolong di Foto Maxtor Repeater Interface with delay nya (RX dan TX) dan kirim ke email saya yc5nbx @ (gmail.com)
Sepetinya Logic Low dari RX kurang sempurna (floating) jadi gak mampu mentrigger Delay Circuit.
Apakah OM Pius sdh coba lakukan pengukuran dgn Multi Tester (DC 10V) pada Pin-8 RX dgn Pin-10 ?
Kabel/Probe Hitam ke Pin-8 dan Merah ke Pin-10, pada kondisi RX berapa yang terukur (volt) ?
IC Delay yang ada di MAXTON mempergunakan tipe berapa ?
Itu dulu dari saya.. silahkan kabari kembali.
Tks

Unknown mengatakan...

Pagi om,
Foto kabel repeater maxton sudah saya kirim ke email.
Pengukuran pin 8 dan pin 10 radio rx blm saya lakukan, nanti setelah diukur akan sy update.
Ic delay yg dimaksud menggunakan ic timer Lm 555.
Thanks.

Unknown mengatakan...

Mlm om,
Untuk pin 8(-) dan pin 10 sudah saya ukur, saat rx tegangannya hanya kurang dari 1 volt.

Sebagai pembanding, saya ukur pin yg sama, di gm300 menunjukkan 7volt saat rx.

Thanks.

YC5NBX mengatakan...

Malam OM Pius

Saya sdh terima Foto COR Maxton dan sudah saya coba utk dipelajari.
Seperti komentar saya sebelumnya, silahkan di cek Ulang :
1. Ukur Tegangan pada Pin-8.
- Probe Positif (Merah) ke Pin-8 dan Negatif (Hitam) ke Ground.
- Dalam kondisi Standby seharusnya ada Tegangan minimal 4Volt.
- Dalam kondisi RX (open Squelch) seharusnya Tegangan ngedrop di kisaran 0.1 Volt
Jika lebih dari 0.1 V maka Signal tidak akan mampu mentrigger Circuit NE555 Monostable
atau
2. Ukur Tegangan pada Pin-8.
- Probe Positif (Merah) ke Pin-10 dan Negatif (Hitam) ke Pin-8.
- Dalam kondisi RX (open Squelch) seharusnya Tegangan menunjukkan miimal 11Volt.

Perlu dicoba juga Pindahkan Terminal COS dari Pin-8 ke Pin-4, atau Pin-12 atau Pin-14 dan silahkan diukur seperti point 1 dan 2.
Jika salah satu dari Pin tsb parameter.nya sesuai. maka dapat dipindahkan..tentunya dengan memotong Jalur dari Pin-8 (existing) kemudian baru dipindah ke Pin yang sesuai.

Jika Signal tetap tidak cukup untuk mentrigger COR, maka silahkan dipertimbangkan Solusi lain (Modifikasi) sesuai Gambar yg saya kirim ke email Anda.

Salam

Unknown mengatakan...

Siang om Lesmana,
Akan saya coba dan update info setelahnya.

Thanks.

Unknown mengatakan...

Malam om Lesmana, setelah saya ukur, ternyata pin 14 yang ok sesuai petunjuk dari om... Then saya pindah....jd everything works pretty well. Thank you so much ya om .

Unknown mengatakan...

Malam om Lesmana, setelah saya ukur, ternyata pin 14 yang ok sesuai petunjuk dari om... Then saya pindah....jd everything works pretty well. Thank you so much ya om .

YC5NBX mengatakan...

@pius hartanto

Sama" OM Pius. :)

Unknown mengatakan...

selamat malam
mas yc5nbx boleh saya minta crack fullrange untuk gm3188 untuk setting freq di 136
mohon bantuannya di vafafahreza@gmail.com

Unknown mengatakan...

Selamat siang om. Boleh minta software untuk open range frekwensi motorola gp 3188 om? Rosmanyu@gmail.com. trm ksh atas perhatiannya om...

Unknown mengatakan...

Mlm om Lesmana kendala yg saya alami skr sama persis seperti Om pius Hartanto (Des 2016) lalu yg berkat bantuan Om Lesmana ahir nya sukses dg merubah ke pin 14.
Mhn pencerahanya om agar masala saya bisa terselesaikan jg seperti om Pius.
Saya menggunakan 2 unit GM338 sebagai RX dan RX serta COR INTERFACE nya menggunakan MAXTONE with Delay.
Sampe 2x saya beli tetap blm berhasil. Mohon Bantuanya Om.
Ini email saya : samsonali81@gmail.com.
Makasih Om atas bantuanya

YC5NBX mengatakan...

@ Samson Ali
cek inbox

yc9ct mengatakan...

mohon bantuan om jak , soft buat ngelebarin freq 3688 vhf

tnx de YC9CT bali

Unknown mengatakan...

OM,MINTA SOFTWARE MENURUNKAN FREQ NYA DONG, EMAIL RISKI.DINY@GMAIL.COM TERIMA KASIH

Komara mengatakan...

Mas..tolong dibantu password crack full range gp/gm 3188 ke email komarakutilang@gmail.com dari YC1NEW Karawang

Komara mengatakan...

Sekarang saya pake ver.05.16

YC5NBX mengatakan...

@Komara Kutilang
Cek Inbox

YC5NBX mengatakan...

@adri soni
Memang "kelemahan" dari Module MAXTON Repeater Delay Cable Interface itu jika dipakai pada radio GM3188 atau GM338 tidak berfungsi.
Penyebabnya adalah sirkuit delay tidak mendapatkan Tegangan Supply.
Solusinya adalah :
1. Pin-4 dan Pin-10 pada PCB yang terdapat rangkaian delay harus di pasang Jumper/dihubungkan.
2. Pada Settingan CPS di bagian Accessories yang perlu disesuaikan adalah Pin-4 pilih External Alarm lalu Active Level pilih Low.
3. Write Device... dan silahkan dicoba.

Salam

Unknown mengatakan...

Om mau tanya dong. Cara mengurangi kepekaan di GP338 dengan global tuner gimana? Krn di frek 151 GP338 noise terus. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Salam hormat Om YC 5 NBX
saya Zaki dari Bukittinggi, pesantren kami butuh radio, ini sudah ada Motorola GM3688 kami kewalahan melebarkan frekwensinya Om, sudilah om membantu kami di ponpes ..kami butuh crack untuk melebarkan frekwensi Motorola GM3688 Om
zakimasrur@gmail.com
terima kasih Om

YC5NBX mengatakan...

@zakimasrur
Cek inbox

Lengkong mengatakan...

Bos Jaka, Sy minta bantuan untuk Crack Password dan Crack Range Frek GM3188.

Salam Hormat dari Bali
Mertha

lengkong.bai@gmail.com
Terima kasih

Posting Komentar