Rabu, 02 Januari 2013

PEMINDAHAN CHANNEL MOTOROLA SECARA REMOTE

Selamat tahun baru 2013 buat semua kawan-kawan.. semoga makin SUKSES dan SEHAT.. Amin..!
Mengisi blog di awal tahun ini, seperti biasa..masih berhubungan dengan seputar repeater.
Kali ini adalah sebuah Pengendali jarak jauh (RC) yang bertujuan untuk pemindahan channel Repeater.
Karena umumnya sebuah RC hanya dipakai sebagai ON-OFF / Disable repeater saja.


Namun lebih dari itu, RC juga dapat dipakai sebagai Pemindahan Channel Radio.
Adakalanya sebuah repeater memang harus bersifat Private artinya hanya orang-orang tertentu yang boleh mengakses. Lalu bagaimana jika suatu saat repeater tersebut diketahui oleh orang lain yang tidak dikehendaki.
Tentunya kita ingin membatasi hal-hal seperti itu dengan cara yang “halus”.

Misalnya default RX repeater berada di Channel-1 dengan Frequency 146.280 MHz Tone 88.5 Hz (TPL).

Karena Channel ini sudah “bocor” maka kita siapkan Channel-2 dengan Frequency yang sama namun dengan TPL yg berbeda yaitu 107.2 Hz, atau bisa saja diganti dengan DPL.

Dengan demikian pengguna yang bukan bagian dari komunitas tersebut tidak dapat mengakses, dan butuh waktu lagi untuk mencoba :D
RC ini bekerja dengan metode DTMF dengan  8 Channel Relay Output yang dapat di manfaatkan sesuai kebutuhan.


Radio yang dapat di akses untuk pemindahan Channel tentu saja produk Motorola, dan istilah yang dipakai di Motorola adalah “Channel Steering”
Jumalh Channel yang dapat dipindah adalah sebagai berikut :

-    GM300 8 – 16 CH  = 15 Channel yang dapat di pindah
-    GM300 40 CH (modifikasi) = 31 Channel yang dapat di pindah
-    GM3188  = 8 Channel yang dapat di pindah
-    GM338 = 15 Channel yang dapat di pindah

Sehingga maksimum hanya 5 Bit yang kita perlukan, jika radio yang dipergunakan adalah GM300-40CH, dan hanya 3 bit untuk GM3188.
Selebihnya dapat dipakai untuk yang lain.

Berikut adalah "penampakan" dari uji coba RC Channel Steering pada Motorola GM300 16 Channel.


Meskipun cara tersebut kurang simple, namun lumayan membantu, sebetulnya ada beberapa cara yang lebih memudahkan..namun belum sempat saya buatkan pcbnya.


Salam
73 de yc5nbx/7

32 komentar:

JZ04FNZ DODI ANWAR mengatakan...

Mantap mas Jaka , semoga di 2013 ini lebih banyak lagi informasi yang ditampilkan sehingga menambah pengetahuan kita.
Oh ya mas Jaka ,jadi kalau dipasang pada Repiter selain perangkat RX dan TX berarti ada penambahan satu perangkat lagi sebagai kontrol pemindah chanel ? dan apakah yang dirubah chanelnya RX pada repiter atau TX pada repiter ?
Mohon pencerahannya mas Jaka .
Terima kasih
10-23 JZ04FNZ

YC5NBX mengatakan...

Benar Mas Dodi..
harus ada penambahan 1 unit Radio sebagai penerima command dtmf, misalnya dengan Handy Transceiver (HT) atau dapat juga diganti dengan HP (selular) sehingga sangat aman.
Yang dirubah bisa ke-dua"nya (RX/TX) secara bersamaan... tinggal dipastikan saja urutan Channel beserta isinya (Freq/Tone/Power).

Salam
de yc5nbx/7

TEHNIK ELEKTRONIKA DAN HOBI mengatakan...

ADA AJA IDE MAS JAKA INI.BIKIN GEREGETAN KALAU INTERNET SEDANG GAK LANCAR.SELALU SAJA INGIN BACA POSTINGAN MAS JAKA.MAKASIH MAS INFONYA SANGAT MEMBANTU.

andi mengatakan...

mas minta skema nya tlng di email ke wandi79hs@gmail.com thanks

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Selamat sore om jaka salam kenal,dan sukses slalu
maaf ya om jaka apa boleh saya minta COR Repieter 2 Meter band plas loyout PCB dan Kompunennya kebetulan saya memerlukan untuk membangun Repieter di Orlok Kotim - Sampit Kalteng Dan sudah siap pakai COR Repieter berapa biaya/ harganya, mohon bantuan dari om jaka sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Salam 73 de YC7ONR

YC5NBX mengatakan...

@ Andi
nanti saya kirimkan..

@ Budiansyah St
Sudah terima email saya kah ? :)

Unknown mengatakan...

Bang jaka bagiamana COR Repieter kira2 berapa hari sampai kesampit kalteng

salam sukses
yc7onr

YC5NBX mengatakan...

@ Abdul Wahab
Sudah Bang Wahab pakai JNE Regular No Tracking-nya BPNAA00549580913
www.jne.co.id

agusjager mengatakan...

Bisa minta skema, layout pcb dan daftar komponennya bang,...ke email agusjager@gmail.com, makasih bang sharenya sukses selalu salam dari jogja.

Unknown mengatakan...

senang brkunjung ke blognya bang jack apalagi ada artikelnya yg gress, boleh bang saya minta dikirimi skema dan layout pcb dari channel steering ato lgkap dgn komponennya bang tinggal hitung rp.nya. email saya : kasela9@gmail.com
tks bang sebelumnya

ELEKTRONIK SERVICE mengatakan...

Salam kenal mas Jaka YC5NBX ,saya eko YD6UAN di medan saya tertarik dengan atikel mas yg mengenai pengendali untuk repiter dari jarak jauh dan sekaligus bisa pindahkan CH mas kaloboleh saya minta skema, layout pcb dan daftar komponennya dan kalo saya pesan komponennya dan PCB nya berapa harganya mas, kirim ke email saya ; ekopriwibowo@gmail.com
tks mas sebelumnya
Salam 73 de YD6UAN

Gading Komunikasi mengatakan...

Bang Saya Mempunyai GM338 Tiba Tiba Mati Total ... Kira Kira Apanya ya , Boleh Info nya Ke Dendy_cakra28@yahoo.com

Unknown mengatakan...

mantap bang artikelnya, salam kenal perdana dari saya. kalo boleh bisa saya di kirimkan informasi berapa kira2 rupiah jika saya pesan yg sdh jadi utk GM300. mohon di email ke betendjamboe@gmail.com. terima kasih bang Jaka. salam 73

Unknown mengatakan...

mas minta skema PCBnya tolong di email ke 9w2als@gmail.com

CAC Print & Design mengatakan...

nasib pesenan saya gemana nih pak?
kok g ada kabarnya, di telpon g diangkat...
mksh

Anonim mengatakan...

Terima kasih infonya Om, Kalau GM3688 apakah bisa di remote ? Mohon info.

YC5NBX mengatakan...

Bisa Bang

Radio Sintesa mengatakan...

Mohon Maaf bang, kalau boleh berkenan kira kira brp biaya utk komponen lengkap atau mungkin ada yg sudah jadi untuk Remote Steering nya ? Terima Kasih Sebelumnya. Ari /085217425000 sintesafm@yahoo.co.id

sastro sanjaya mengatakan...

mohon pencerahan mengenai bagaimana cara modifikasi Channels Motorola GM300
dari 8 Channel ingin di expand ke yg lebih banyak

mohon bimbingannya

terimakasih

Unknown mengatakan...

Om jaka..... bisa minta tolong software GM3188
sebelumnya terima kasih.
By.Katana (JZ26MX).... 73
( bucekkatana@yahoo.com )

Unknown mengatakan...

cara setting di accessory pins nya kaya apa bang di gm 338 biar bisa berfungsi remote pemindahan channelnya.... tanks

YC5NBX mengatakan...

@ Budiansyah ST
Cara setting silahkan lihat link berikut : http://yc5nbx.blogspot.com/2013/12/setting-cps-rss-untuk-pemindahan-channel.html

electronik mengatakan...

hebat

Syafrul mengatakan...

Bang Jaka salam kenal ya.... Saya Uncu dari Padang (YC5DFR) saya terkendala memodifikasi interface repeater motorola untuk link repeater. Mohon bantuannya saya mo pesan COR repeater link untuk GM338. Contact saya Email. uncoesyafrul@gmail.com HP. 08126718314. Informasikan saya berapa biayanya sampai Padang. Thank's

Syafrul mengatakan...

Saya juga tertarik sekali dengan remote repeater dari jarak jauh. Kalau boleh saya pesan PCB lengkapnya satu ya Bang Jaka, biayanya email saya aja uncoesyafrul@gmail.com. Ditunggu ya Bang makasih.

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasinya, kalau boleh saya minta skemanya dikirim via email saya dedewiweka[at]gmail[dot]com, sekalian mau pesan kalau memang ada waktu untuk membuatkannya

mamang mengatakan...

salam kenal bang jaka,saya dari jogja (yd2vgi).saya sangat tertarik dengan remot repeater.bisa bagi skemanya bang? lewat "mamang.818@gmail.com"

AGUNG CAKRAWAN mengatakan...

Selamat pagi mas Jaka,

Saya butuh channel steering ini, gemana cara mendapatkannya? mohon arahannya mas!!!

Salam"73"
YC9ETJ

YC5NBX mengatakan...

@IG Agung Gede Cakrawan

Mohon Maaf Bli Agung, PCB nya sudah habis, belum sempat "produksi" lagi OM. Mendesak kah OM ??

Salam
Jaka

little-budy mengatakan...

bang Jaka, saya tertarik dengan system repeater dengan remote ini.
untuk PCB pemindahnya apakah masih ada? mohon arahannya.
saat ini saya menggunakan repeater rakitan dengan radio GM3188.

mohon feedbacknya bang untuk biaya dllnya mohon ke little.budi01@gmail.com

Unknown mengatakan...

Salam hormat mas jaka
Izin minta skema dan kalo masih ada PCB nya bisa kirim kesaya
Salam
YD 4 FQB

Posting Komentar